Senin, 21 November 2016

Membaca File Extensi (.emis)

Assalamu’alaikum,,,

emis 

Teringat akan pertanyaan dari seorang rekan saya yang menanyakan perihal kenapa File UN hasil unduhan dari CAPSUN dengan format file extensi Emis yang tidak bisa dibaca, bahkan ketika dibuka paksa dengan aplikasi MS Office (baik doc, docx, elx, exls) maka data yang dibuka akan berantakan alias tidak bisa dibaca.  Padahal rekan saya itu ingin mengetahui apakah hasil Verval UN nya sudah valid atau belum?


Berangkat dari pertanyaan tersebut, saya coba ingin memberikan sedikit trik yang barkaitan dengan cara membaca file yang berekstensi dbf, emis, atau sejenisnya, yang pada umunya ketika dibuka akan menampilkan data yang berantakan dan sulit untuk dibaca, atau bahkan sama sekali tidak bisa dibaca.
Pada kesempatan ini yang akan saya bahas mengenai merubah file hasil unduhan CAPESUN dari aplikasi Emis Pendis yang memiliki extensi *.emis akan kita rubah ke file Excel.

Oke, tanpa basa basi langsung saja kita bahas:

PERTAMA: Silahkan unduh file Backup Capesun:

File Backup Emis

KEDUA: Buka file yang sudah di unduh dengan Program Notepad++ (jika belum punya programnya silahkan download DISINI).

Ok, sekarang saya anggap kita sudah memiliki Program Notapad++

Notapad++

Buka file CAPESUN hasil unduhan tadi dengan Program Notapad++  sehingga akan menghasilkan tampilan seperti berikut:

file notapad

KETIGA: Blok semua data yang ada, dengan cara tekan Ctrl+A lalu setelah ter-blok semua, tekan Ctrl+H, dan Replace Text “;” menjadi + dengan menekan tab Replace All, kemudian klik Close.

replace all

Maka semua tanda ; (titik koma)  yang ada di data tersebut akan diganti dengan tanda + (tambah). Kemudian Copy semua data dengan cara tekan tombol pada keyboard Ctrl+C.

KEEMPAT: Setelah menekan tombol Copy pada Program Notepad++ selanjutkan silahkan buka Aplikasi EXCEL —> dan silahkan Paste dengan cara menekan Ctrl+V, dan hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:

excel

Waaahhh.. itu mah datanya masih berantakan? iya…! karena prosedurnya seblum selesai.. ikuti langkah berikutnya:

Pertama: Ubahlah Text di Excel ke Kolom ( Text to Columns ), pada tab Data pilih Text to Columns, klik Delimited, lalu klik tombol Next:

kolom1

Kedua: Setelah menekan tombol Next, akan muncul jendela baru, silahkan centang pada kotak Other dan tulis + kemudian klik tombol Next untuk mengatur format setiap kolomnya (General, Text, Date, dll) dengan cara klik pada kolom dan ubah formatnya sesuai yan diinginkan, disarankan untuk kolom numerik pilih saja “Text”. Jika sudah silahkan klik Finish.

pilih

Dan hasilnya akan tampak sepeti berikut:

data jadi

Nah inilah hasilnya,,, dan dengan cara ini kita dapat mengetahui apakah data dengan extensi *.emis yang semula tidak bisa di baca kini sudah bisa dibaca dan diketahui bahkan jelas bisa di cetak (print). Untuk Finishing silahkan atur halaman seperti biasa, dan jangan lupa untuk melakukan penyimpanan file (Save).

Mudah-mudahan artikel ini ada menfaatnya…

By: H. Solehudin


Referensi : https://mimiftahuljannahgandol.wordpress.com/2016/01/10/membaca-file-extensi-emis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya mana

readbud - get paid to read and rate articles